CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Friday, June 8, 2007

Beli Teleskop?..Buat Ajah lagi!!??..


MEMBUAT TELESKOP SENDIRI?
Bertahun-tahun saya mengira bahwa teleskop hanya bisa dibuat di pabrik teleskop yang mempunyai peralatan lengkap. Saya selalu mengira bahwa barang seperti teleskop tidak akan bisa dibuat di rumah. Sampai saya membaca bukunya Terence Dickinson yang berjudul "Backyard Astronomer's Guide". Setelah membaca buku itu saya berubah pikiran: "Oh, ternyata teleskop bisa juga dibuat di rumah, asalkan kita punya peralatan yang lengkap untuk membuat teleskop." Begitulah yang saya kira, ternyata pikiran atau perkiraan saya ini juga salah, tapi baru tiga tahun kemudian, yaitu tahun 2006, saya tahu saya salah.

BAGAIMANA UNTUK MEMULAI
Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa untuk bisa menikmati Astronomi sebagai hobi dia harus lebih dulu memiliki teleskop. Mereka beranggapan bahwa mereka harus lebih dulu memiliki teleskop dan sesudah itu barulah mereka bisa mulai mempelajari dan mengamati langit malam.
Menurut saya, pendapat seperti itu salah.

Mungkin bagi sementara orang cara seperti itu, yaitu membeli teleskop dan sesudah itu mulai mempelajari langit malam, bisa berhasil. Tetapi kemungkinan besar yang terjadi adalah kamu akan merasa bosan pada teleskopmu, karena mencari suatu obyek langit malam dengan teleskop bukanlah suatu hal yang mudah terutama jika kita tidak mengenal langit malam. Hal itu bisa diumpamakan dengan usaha untuk mencari tanda ini (*) dengan memakai mikroskop. Lama kelamaan kita akan semakin jarang mempergunakan teleskop kita, sampai akhirnya teleskop itu sama sekali tidak pernah kita sentuh.

Astronomi Amatir adalah hobi yang berbeda dengan hobi lainnya, misalnya dengan hobi mendengarkan musik. Selama dananya ada, kita tidak pelu belajar apapun untuk bisa nikmati musik. Cukup pergi ke toko elektronik untuk beli perangkat audio kemudian membeli kaset atau CD. Pasang dan dan kita langsung bisa menikmati musik apapun yang kita sukai. Sayangnya, Astronomi Amatir tidak dapat dilakukan dengan cara itu.

Dalam hobi ini, meskipun kita memiliki uang banyak dan mampu membeli teleskop jenis apapun yang kita mau, teleskop itu tidak akan berguna kalau kita tidak mengenal langit malam.

Saya tidak bermaksud untuk menakut-nakuti atau menghalangi niat teman-teman untuk memiliki teleskop, sama sekali tidak. Saya cuma memberitahu apa yang mungkin akan terjadi pada diri teman-teman. Kalau itu tidak terjadi, bagus sekali. Dan kalu kamu sudah memiliki teleskop tapi masih mengalami kesulitan untuk mengenali rasi bintang atau menemukan obyek langit, jangan menyerah! Cobalah sekali-sekali keluar tanpa membawa teleskop dan pelajari langit malam.

Jadi saya harus gimana dong?
Perlu diingat bahwa untuk menikmati keindahan langit malam tidak diperlukan perlengkapan yang canggih seperti teleskop yang dikendalikan komputer dan bisa mengarah ke obyek langit manapun secara otomatis. Sama sekali tidak! Untuk bisa menikmati keindahan langit malam kita cuma perlu perangkat optik yang paling canggih yang pernah ada, yaitu mata kita.

Kalau kamu kebetulan tinggal di kota besar dengan langit malam yang terang benderang akibat polusi cahaya, cobalah sekali-sekali pergi ke suatu tempat di luar kota luar kota yang jauh dari polusi cahaya. Cobalah untuk mendongak ke atas dan melihat langit malam (cukup mengherankan betapa sedikitnya orang yang pernah melihat ke langit malam). Kamu akan melihat langit yang dipenuhi oleh banyak sekali bintang. Jauh lebih banyak dari pada yang bisa kamu lihat dari rumahmu di kota. "Kupandang langit penuh bintang bertaburan...berkelap-kelip seumpama intan berlian..." Ingat lagu ini?

Nah, sambil melihat bintang-bintang di langit ada baiknya kita ingat bahwa titik-titik cahaya di langit itu jaraknya amat sangat jauh dari kita. Cahaya dari bintang-bintang itu memerlukan waktu bertahun-tahun, bahkan ribuan tahun, untuk mencapai bumi sampai bisa dilihat oleh mata kita. Padahal cahaya bergerak dengan kecepatan sekitar 350.000 km per detik. Jadi kita bisa bayangkan betapa jauhnya bintang-bintang itu dari kita. Setiap kali saya melihat ke langit malam dan bintang-bintang yang ada, saya selalu merasa sangat kecil dan sangat tidak berarti di tengah alam semesta yang amat luas ini dan selalu teringat pada kebesaran Tuhan.

Kita bisa melihat bagaimana bintang yang satu terlihat lebih terang dari yang lain, dan ada bintang-bintang yang seakan-akan berkumpul dan membentuk formasi tertentu. Kita juga bisa melihat perbedaan warna bintang, ada yang terlihat berwarna biru, ada yang merah, oranye dan ada pula yang berwarna kuning.

Nah, sekarang kita bisa mulai mempelajari langit malam, tentunya masih dengan mata telanjang.
Sewaktu melihat bintang-bintang di langit kita bisa melihat nahwa banyak bintang yang terlihat berkumpul dan membentuk formasi tertentu. Ada yang terlihat seperti mata kail dan di sebelahnya ada yang terlihat seperti poci teh. Ada juga yang terlihat seperti layang-layang. Bentuk-bentuk atau formasi itu diksebut Asterism, beberapa asterism diberi nama dan mereka disebut konstelasi atau rasi bintang.

Untuk bisa mempelajari dan mengenali langit malam dengan baik kita membutuhkan peta, seperti halnya kita butuh peta untuk mengetahui letak suatu tempat tertentu di kota. Tanpa peta kita akan mudah tersesat.
Banyak jenis peta langit yang bisa dipakai, tetapi menurut saya yang paling penting untuk dimiliki (dan selalu dibawa) adalah Planisphere, atau kalau di Indonesia disebut Peta Langit Malam.
Peta Langit Malam bisa diperoleh di Planetarium Jakarta di Taman Ismail Marzuki.

Dengan berbekal Planisphere mulailah mempelajari dan mengenali langit malam.
David Levy (salah satu penemu komet SL-9 yang menabrak planet Jupiter) dalam bukunya "The Sky A User's Guide" menulis bahwa para pemula akan lebih mudah mempelajari dan mengenali langit malam jika melakukannya di kota daripada jika mempelajari langit malam di suatu tempat di luar kota yang langitnya gelap.
"Wah, itu bertentangan dong dengan apa yang tertulis di atas tentang pergi ke luar kota untuk melihat langit malam?" Saya yakin sama sekali tidak, alasannya begini.

Untuk bisa benar-benar menikmati keindahan langit malam, seorang pemula (dan siapa saja) perlu langit yang gelap. Langit yang gelap maksudnya adalah langit malam yang bebas dari polusi cahaya. Karena itu, dia perlu pergi ke tempat yang gelap yang jauh dari polusi cahaya kota. Dari tempat yang gelap di luar kota kita bisa melihat banyak sekali bintang, jauh lebih banyak dari pada yang terlihat dari dalam kota. Dan langit malam yang dipenuhi bintang berwarna-warni adalah pemandangan yang sangat indah.
Sementara kalau kita melihat langit malam dari dalam kota, kita cuma bisa melihat SEDIKIT bintang dan pemandangan seperti itu adalah pemandangan yang biasa-biasa saja, sama sekali tidak menarik.
Karena itu, untuk bisa menghargai keindahan langit malam kita perlu langit yang gelap.

TETAPI, untuk mempelajari dan mengenali langit malam (seperti mengenali konstelasi bintang) apa yang ditulis oleh David Levy adalah benar. Kenapa bisa begitu?

Begini ceritanya:
Dengan Planisphere di tangan kamu ingin mempelajari langit malam dan pergi ke tempat yang langitnya gelap dengan rencana untuk menghapalkan letak dan bentuk konstelasi bintang. Sesampainya di sana, kamu hapalkan bentuk konstelasi yang tergambar di Planisphere. "Hmm, yang ini, yang berbentuk seperti layangan namanya adalah Orion." Setelah merasa cukup hapal dengan bentuk Orion, kamu lihat ke langit...
"Lho, mana dia? Kok bintang-bintang itu nggak ada di Planisphere ini? Kok banyak sekali bintang di atas sana?"

Kenapa bisa begitu? Planisphere hanya memetakan bintang sampai dengan Magnitudo 5. Magnitude adalah skala yang dipakai untuk menentukan tingkat terangnya suatu bintang. Semakin terang suatu bintang, semakin kecil angka magnitudonya. Jadi bintang dengan magnitude 1 terlihat lebih terang dibandingkan dengan bintang yang bermagnitude 2.
Nah, dari suatu tempat yang langitnya gelap, dengan mata telanjang kita bisa melihat bintang dengan tingkat kecerahan sampai dengan magnitude 6 sedangkan Planisphere yang kita pegang hanya memperlihatkan bintang sampai dengan magnitude 5. Karena itu, di tempat yang gelap akan lebih banyak bintang yang bisa kita lihat jika dibandingkan dengan yang tergambar dalam Planisphere. Karena bintang-bintang lainnya itu tidak ada dalam Planisphere, kemungkinan besar kita akan bingung menentukan konstelasi apa yang terlihat.

Saya pernah mengalami hal seperti ini. Pada tahun 1995 kebetulan saya dengan keluarga pergi ke Bali. Meskipun ingin, waktu itu saya tidak bisa membawa teleskop saya dan akhirnya saya hanya membawa binokuler saja.
Suatu malam, saya pergi dari cottage tempat kami menginap di Sanur dan berjalan kaki ke pantai dengan membawa binokuler. Tujuannya ingin melihat bintang.

Sesampainya di pantai saya duduk danmengeluarkan binokuler dari tempatnya, kemudian saya memandang ke langit. Yang saya lihat adalah langit yang dipenuhi oleh bintang, begitu banyak bintang!

Saya perlu waktu sekitar satu menit untuk bisa mengenali konstelasi Orion, padahal Orion termasuk salah satu konstelasi yang amat saya kenali. Begitu juga untuk mengenali konstelasi lain, saya butuh waktu beberapa lama sebelum bisa mengenalinya. Akhirnya saya simpan kembali binokuler saya di dalam tempatnya dan saya hanya berbaring di pantai sambil mengagumi indahnya langit yang dipenuhi bintang. Malam yang sulit untuk dilupakan.

Dari pengalaman itulah saya percaya bahwa apa yang ditulis oleh David Levy benar. Kalau kamu tinggal di kota, kenali langit malam dari rumah. Sempatkan diri untuk mempelajari langit malam dan menghapal letak konstelasi bintang. Tapi ingat, kamu tidak perlu terburu-buru menghapal. Lakukan kapan saja kamu bisa. Tidak menjadi masalah apakah kamu bisa mengenali langit malam dalam waktu satu minggu, satu bulan atau satu tahun. Yang penting adalah kita belajar sesuatu dan bisa menikmati Astronomi sebagai hobi.

BAGIAN TELESKOP


Teleskop Newtonian dengan penyangga tipe Dobsonian terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
1. Tabung Optik
-Upper Cage
-Mirror Box
2. Optik
-Cermin Primer
-Mirror Cell
-cermin sekunder atau cermin diagonal
-Diagonal Holder
3. Penyangga
-Rocker Box
-Ground Box

Beberapa masih menggunakan istilah/nama dalam bahasa Inggris karena saya kesulitan mencari terjemahan yang tepat untuk bagian-bagian itu. Kalau punya usul atau terjemahan yang tepat tolong kasih tahu saya.

Itulah bagian-bagian dari teleskop versi saya. Tentu saja kalau kamu mau punya versi sendiri, ya boleh saja. Yang penting mudah diingat.





Foto di atas adalah foto dari Teleskop Pipa (bahasa Inggrisnya Truss Tube Telescope, tolong dong terjemahan yang lebih bagus)yang dibuat oleh salah satu teman saya, Jean-Marc Becker. Diameter dari cermin primernya adalah 20.5 cm (8"). Diamater Dalam dari upper cage dan juga mirror boxnya adalah 22 cmm (8.6") Pada gambar di sebelah kiri bisa kita lihat teleskop dilepas menjadi beberapa bagian, yaitu Tabung Optik, rocker box, platform ekuatorial dan dudukan untuk platform ekuatorial. Selama transportasi, Tabung Optik dilepas lagi menjadi tiga bagian yang lebih kecil, yakni: upper cage, mirror box and pipa.

Gambar sebelah kanan memperlihatkan teleskop dalam keadaan siap pakai, sesudah seluruh bagian-bagiannya dipasang.

Seluruh bagian teleskop tadi (kecuali untuk cerminnya) bisa dibuat dari bahan apa saja. Kalau ada bahan atau material yang tidak bisa ditemukan di sini, pakai imajinasi untuk mencari bahan penggantinya, jangan takut untuk berimporvisasi. Itu antara lain yang diajarkan oleh guru-guru saya dari ATM List.

Saya pernah mengalami kesulitan mencari Teflon, yuntuk digunakan sebagai bantalan (bearing) teleskop. Saya tidak tahu Teflon itu apa dan juga tidak tahu bagaiman bentuknya. Saya cari yang namanya Teflon di banyak tempat, seperti toko material dan Ace Hardware. Saya lupa berapa banyak tempat yang saya datangi. Setiap kali saya bertanya tentang Teflon, mereka selalu memberi tahu saya untuk mencarinya di bagian Perlengkapan Dapur, karena merek selalu mengira saya mencari panci atau penggorengan berlapis Teflon.
Akhirnya, saya ceritakan masalah saya ini pada ATM List. Beberapa teman menawarkan untuk mengirim Teflon milik mereka. Salah satunya, Ron E. Dawes, mengirimkan paket berisi Teflon berikut foto teleskop yang dibuatnya. Akhirnya setelah menerima paket dari Ron, barulah saya tahu bentuk Teflon bagaimana.

Kemudian salah satu anggota list, Richard Schwartz, memberitahu saya untuk memakai telenan plastik (cutting board). Saya bingung, masa iya pakai telenan. Saya tanya pada Richard apakah yang dimaksud adalah telenan yang biasa dipakai untuk motong sayur atau daging di dapur. dan dia menjawab bahwa memang itulah yang dia maksud.
Belakangan saya mengikuti nasehatnya sewaktu mengganti salah satu bantalan di Foucault tester saya. Karena saya tidak mau memakai teflon yang ada, bantalan tersebut saya ganti dengan sepotong bagian dari telenan plastik. Dan ternyata memang bisa dipakai.
Tapi kalau kamu mau memakai telenan untuk bantalan teleskop, sebaiknya beli yang baru, atau kalau mau pakai ang bekas, bilang dulu sama isteri bahwa kamu mau pakai telenannya :-)
Ingat bahwa kalau ada komponen tertentu yang tidak bisa kamu peroleh, kamu selalu bisa menggunakan bahan lain, yang penting jangan lupa untuk improvisasi.

MATERIAL

1. Plywood

Untuk membuat teleskop, kamu bisa memakai bahan-bahan yang tersedia di toko material sekitar kita. Beli selembar plywood berukuran 15 mm atau 19 mm. Oh ya, orang menyebutnya triplek, jadi kalau ke toko material, bilang bahwa kamu mencari triplek. Kamu perlu plywood yang ringan tetapi kuat. Buku Modern Dobsonian karya Richard Berry dan Dave Kriege menjelaskan secara panjang lebar tentang bagaimana cara memilih plywood dalam satu bab tersendiri.

Upper cage dan mirror box untuk teleskop 10" saya (yang belum juga selesai) terbuat dari plywood 15 mm. Plywood yang saya pilih cukup ringan tetapi kurang kuat. Lembaran Plywood yang saya pakai untuk teleskop 5.6" saya memiliki ketebalan 19 mm, lebih kuat dan lebih berat, juga lebih sulit dipotong. Bahan selain Plywood juga bisa digunakan untuk membuat teleskop, misalnya Aluminum atau bahan metal lainnya yang ringan. Plywood lebih sering digunakan karena lebih mudah didapat, dan yang paling penting harganya murah.

2. Alat Pertukangan

Kamu juga harus memiliki alat-alat pertukangan seperti bor, serutan kayu, palu dan gergaji. Kalau kamu punya dana untuk membeli alat pertukangan yang memakai tenaga listrik, ada baiknya kamu beli. Tapi kalau kamu cuma bisa beli alat biasa, jangan khawatir, gergaji dan bor biasa sudah cukup. Untuk membuat upper cage dan mirror box, saya memakai gergaji tangan biasa. meskipun saya akui memotong kayu bukanlah pekerjaan yang mudah,bagi saya amat sulit. Sebabnya adalah karena sebelum ini saya sama sekali tidak pernah memgang alat pertukangan. Satu-satunya yang pernah saya pakai adalah palu, itu juga hanya kalau mau menggantung foto di tembok.

Kalau kamu tidak punya alat pertukangan yang memakai listrik, pakai alat biasa.
Tapi kalau kamu bisa beli alat-alat itu, lebih baik beli akrena alat-alat itu akan banyak membantu dan mempercepat pekerjaan. Selain itu, ada kemungkinan sesudah teleskop pertama mu selesai kamu akan punya keinginan untuk membuat teleskop lain yang lebih besar.
Untuk membantu kamu dalam memilih alat-alat pertukangan yang memakai listrik, coba lihat di Amateur Woodworker Page. Di situ kamu bisa baca petunjuk cara memilih alat yang tepat, penjelasan tentang kegunaannya dan bagaimana bentuk alatnya :-)
Seandainya saya tahu tentang Page ini sebelum saya membeli gergaji listrik :-(

3. Komponen Optik

Cermin adalah bagian terpenting dari teleskop. Cermin yang bagus akan membuat observasi bintang sesuatu yang menyenangkan. Cermin yang jelek hanya akan membawa frustrasi.
Cermin ini bisa dibeli dalam keadan jadi dan siap pakai, atau kamu bisa juga membeli kaca (blank) dan menggosoknya sendiri sampai menjadi cermin.
Di The ATM Page bisa kamu lihat daftar penyalur bahan-bahan kebutuhan pembuat telskop amatir. Bukan cuma itu, ATM Page juga berisi banyak sekali artikel-artikel yang ditulis oleh pembuat teleskop amatir yang berpengalaman. Oage ini adalah salah satu page favorit saya. Saya anjurkan kamu untuk mengunjungi page ini, banyak sekali informasi dan pengetahuan yang bisa kamu dapat dari sini.

Kalau kamu ingin membeli cermin jadi, pesan sesegera mungkin. Biasanya, tergantung pada besar kecilnya diameter cermin, dibutuhkan waktu 30 sampai 90 hari untuk membuat cermin. Sementara menunggu cermin pesananmu jadi, kamu bisa mulai membuat bagian-bagian lain dari teleskop.

Kalau kamu putuskan untuk membuat sendiri cerminnya kamu harus membeli bahan cermin atau blank.
Kalau kamu membeli bahan cermin, kamu punya dua pilihan. Yang pertama adalah membeli kacanya dan kemudian membeli bahan-bahan untuk menggosok cermin (abrasif)dan bahan untuk memoles cermin (polishing compound dan pitch/ter).
Pilihan yang kedua adalah membeli paket cermin (mirror kit). Menurut saya, pilihan yang lebih baik adalah yang kedua. Karena selain dalam paket cermin ini sudah termasuk juga abrasif, polishing compound dan pitch, dalam paket cermin kamu akan memperoleh dua bahan cermin. Jadi kamu bisa membuat dua cermin.
Sayua pribadi belum pernah membeli cermin. Cermin-cermin yang saat ini saya kerjakan adalah hadiah dari dua orang teman saya, Anthony Stillman dan Jean-Marc Becker. Jadi kalau kamu ingin tanya tentang cara membeli paket cermin, tanya pada ATM List.

Hal lain yang harus kamu lakukan kalau kamu ingin membuat cermin sendiri adalah bergabung dengan ATM List. Banyak yang bisa kamu pelajari dari Mailing List ini. Untuk bergabung, datangi The ATM Archives. Di sana kamu bisa ikuti oetunjuk cara bergabung dengan list. Administrator ATM List ini adalah Mel Bartel. Home page Mel juga termasuk dalam daftar yang harus kamu kunjungi, terutama kalau kamu ingin membuat teleskop yang dikendalikan komputer.

Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan siap, kamu bisa mulai membuat teleskop.

36 comments:

Anonymous said...

wah senengnya akhirnya dapet juga artikel untuk buat teleskop
mas saya penggemar astronomi dari medan yang masih sangat2 amtir sekali jadi saya mau minta tolong diirimin cara ngebuat yang teleskop yang lengkap ( bisa dikirim ke amanah_abudzar@yahoo.com)dan dimana ya bisa dapet bahan dengan harga yang terjangkau
sebagai info saya tinggal di medan
saya ucapin terima kasih banyak ya mas

Kurniawan Wijaya said...

mas haikal klo mw cari alat2 untuk membuat teleskop dmn dptnya??
ni peta langit malam bisa dpt lagi g?? atau isa bli dmn gitu.....

Anonymous said...

Wah hebat.. ternyata ada juga toh astronom amatir di Indonesia, saya pikir cuma ada diluar negeri :)

Setelah saya baca, ternyata kesulitan mencari2 materialnya. Bisa kah dibahas secara detail mengenai tempat penjualan material dan optik untuk membuat teleskop?

biru said...

mas haikal,
ketemu dg blogmu aku senang sekali!
dari tadi pusing, nyri bahan untuk buat teleskop sederhana.

bahan kuliah...

tadinya aku terfikir untuk buat semacam teropong yang sederhana sekali, pakai bohlam lampu yang disusun...

terima kasih infonya!
bermanfaat sekali.

biru said...

mas haikal,
ketemu dg blogmu aku senang sekali!
dari tadi pusing, nyri bahan untuk buat teleskop sederhana.

bahan kuliah...

tadinya aku terfikir untuk buat semacam teropong yang sederhana sekali, pakai bohlam lampu yang disusun...

terima kasih infonya!
bermanfaat sekali.

-sandra pertiwi putri-

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]2000 software price, [url=http://firgonbares.net/]discount software for you review[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] software for clothing store commerce store offers software products from
discount language software [url=http://firgonbares.net/]manager software price[/url] Creative Suite 3
[url=http://firgonbares.net/]download adobe photoshop cs3 free[/url] Software Downloadable
[url=http://firgonbares.net/]2004 Mac[/url] Mac Poser 7
buy dreamweaver and [url=http://firgonbares.net/]the difference between academic software[/b]

Anonymous said...

[url=http://bariossetos.net/][img]http://vonmertoes.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]order book software, [url=http://bariossetos.net/]which software to buy[/url]
[url=http://bariossetos.net/][/url] buy cheap computer software is there photoshop cs4 for mac
windows vista vs windows xp [url=http://vonmertoes.net/]adobe creative suite 4 design premium[/url] discount software for you
[url=http://hopresovees.net/]Suite 4[/url] practicas de coreldraw
[url=http://bariossetos.net/]Mac Readiris Pro[/url] torrent nero 9 fully cracked
software store pictures [url=http://hopresovees.net/]adobe acrobat 9 pro mac[/b]

Anonymous said...

personals germany [url=http://loveepicentre.com/]dating gift ideas[/url] asian personals http://loveepicentre.com/ headline news speed dating

Anonymous said...

http://rxmeds.in/cytoxan/nccn-guidelines-for-breast-ca-using-cytoxan
[url=http://rxmeds.in/aleve/pravachol-pravachol-actos-nasonex-aleve]new drug ezetime[/url] do you need for medicine at uni alevels [url=http://rxmeds.in/accutane/accutane-and-menopause]accutane and menopause[/url]
women take cialis drug http://rxmeds.in/prilosec/proctor-gamble-prilosec
[url=http://rxmeds.in/hytrin/flomax-hytrin-bph]usf college of medicine care program[/url] use levitra [url=http://rxmeds.in/amaryl]amaryl[/url]
cialis mfg http://rxmeds.in/accutane/accutane-side-effects-with-alcohol
[url=http://rxmeds.in/prilosec/prilosec-otc-and-acid-refluix]hep c drugs[/url] how drugs affect peoples lives in music [url=http://rxmeds.in/evista]evista[/url] viagra stanozolol [url=http://rxmeds.in/allegra/drug-allegra]drug allegra[/url]

Anonymous said...

tea neroli [url=http://usadrugstoretoday.com/products/emsam.htm]emsam[/url] mass health and welfare http://usadrugstoretoday.com/categories/artritis.htm heart pacer kit http://usadrugstoretoday.com/products/cialis-soft-tabs.htm
pathophysiology oss hypertension [url=http://usadrugstoretoday.com/products/levothroid.htm]levothroid[/url] pure weight loss salary [url=http://usadrugstoretoday.com/products/ditropan.htm]teen smoking court[/url]

Anonymous said...

auto body manager resumes http://autoexpress.in/oldsmobile/used/1977/oldsmobile/delta/88/transmissions volkswagen puma
[url=http://autoexpress.in/peugeot/peugeot/service/kent]grand theft auto san andreas hot coffie cheat code[/url] toyota racing motor sports executive team [url=http://autoexpress.in/radiator/plastic/radiator/repair]plastic radiator repair[/url]
sundell auto specialty http://autoexpress.in/nissan/dm/207/nissan/cap
[url=http://autoexpress.in/scion/scion/capital/3aanders]mercedes benz problems b class[/url] o lord would you buy me a mercedes benz [url=http://autoexpress.in/buick/bill/gray/buick]bill gray buick[/url]
lawsuit resulting from automobile safety recall http://autoexpress.in/rover/rover/75
[url=http://autoexpress.in/seat/seat/ibiza/car/seat/covers]afroman grand theft auto[/url] truck parts dodge [url=http://autoexpress.in/mercedes/mercedes/cls/satellite/radio]mercedes cls satellite radio[/url]

Anonymous said...

mercedes wagon http://autoexpress.in/nissan/tps/sensor/nissan/frontier used mercedes gloucestershire
[url=http://autoexpress.in/saleen/transformers/cars/saleen]mercedes classe[/url] frozen auto batteries [url=http://autoexpress.in/porsche/porsche/356/for/sale]porsche 356 for sale[/url]
auto vision enhancer http://autoexpress.in/rover
[url=http://autoexpress.in/pontiac/willamette/pontiac]free auto repair informtion[/url] mini air compressor for automobile tires [url=http://autoexpress.in/scooter/boreem/gas/scooter]boreem gas scooter[/url]
triumph auto glass nh http://autoexpress.in/royce/rolls/royce/nuclear/derby
[url=http://autoexpress.in/maybach/maybach/batmobile]captiva automobile[/url] milestones in the history of the automobile [url=http://autoexpress.in/cadillac/gas/mileage/1999/cadillac/deville]gas mileage 1999 cadillac deville[/url]

Anonymous said...

awards entertainment fashion grammy trend worst http://topcitystyle.com/?action=products&product_id=2097 youth vans shoes [url=http://topcitystyle.com/burberry-polo-shirt-for-women-light-purple-item1894.html]name brand clothes discounted massachusetts[/url] sheila fashion designer
http://topcitystyle.com/light-grey-color160.html fashion dress [url=http://topcitystyle.com/vae-victis-v-neck-brand47.html]hunting clothes catalogs[/url]

Anonymous said...

stephon marburry shoes http://topcitystyle.com/pepe-jeans-london-jackets-amp-sweatshirts-brand52.html designer dresses coconut grove [url=http://topcitystyle.com/roberto-cavalli-long-sleeve-button-down-blouse--item156.html]first black designer[/url] atlas snowshoes
http://topcitystyle.com/light-blue-dolce-amp-gabbana-color58.html lauren rose lewis [url=http://topcitystyle.com/pink-white-casual-color80.html]nike shock basketball shoes[/url]

Anonymous said...

designer invitation wedding http://topcitystyle.com/ed-hardy-accessories-brand39.html hawaiian fashion [url=http://topcitystyle.com/grey-black-color177.html]paris hilton clothes[/url] japanize street fashion
http://topcitystyle.com/-flip-flops-on-sale-category83.html snowshoes [url=http://topcitystyle.com/richmond-v-neck-t-shirt-for-women-black-item1918.html]shoes saddle[/url]

Anonymous said...

masai shoes http://topcitystyle.com/galliano-long-sleeve-top-for-women-white-item297.html why is stock photography used in the fashion industry [url=http://topcitystyle.com/xxxl-t-shirts-for-men-size52.html]naomi klein[/url] modern day irish clothes
http://topcitystyle.com/burberry-casual-jacket-for-men-brown-item2477.html free download of wallpaper designer [url=http://topcitystyle.com/philipp-plein-fitted-leopard-dress-with-gold--item1340.html]affordable fashion[/url]

Anonymous said...

rpg adult http://planetofporn.in/teen-ass/kim-kardashians-ass
[url=http://planetofporn.in/free-amateur/amateur-night-striptease]anal teen cunt slut[/url] introduction to anal dildo [url=http://planetofporn.in/oral/oral-health-presentations-for-kids]oral health presentations for kids[/url]
free toon hentai http://planetofporn.in/adult-story
[url=http://planetofporn.in/condom/dildo-suck]wmv sucking dildo eskimo[/url] free vibrator porn movies [url=http://planetofporn.in/adult-video/monster-movies-adult-movies]monster movies adult movies[/url]
fel pro lubricant http://planetofporn.in/free-adult/vietnam-adult-night-life
[url=http://planetofporn.in/bondage/free-bondage-storie]amateur porn videos of nasty blowjobs[/url] sammie from her first anal sex [url=http://planetofporn.in/ass-sex/shitty-ass-xxx]shitty ass xxx[/url]
free hentai hardcore moves http://planetofporn.in/bondage/bondage-clitoris-breast-orgasm
[url=http://planetofporn.in/teen-ass/buffie-the-body-ass-video]her first black anal[/url] adult sex seeker [url=http://planetofporn.in/anal-life/how-do-i-make-anal-sex-easier]how do i make anal sex easier[/url]

Anonymous said...

best lubricant anal sex http://theporncollection.in/porn-girl/tomboys-porn
[url=http://theporncollection.in/gay-xxx/gay-hair]adult animated jokes[/url] black gay porn tgp [url=http://theporncollection.in/lubricant/pleasure-curve-with-revelation-lubricant]pleasure curve with revelation lubricant[/url]
hentai games english online http://theporncollection.in/gay-man/gay-motorcycle-racing
[url=http://theporncollection.in/gay-male/free-gay-sex-gamesfree-shemale-sex-games]the beno porn[/url] adult phone numbers in san diego [url=http://theporncollection.in/porn-dvd/march-25-amateur-susan-couch-porn-fingering]march 25 amateur susan couch porn fingering[/url]
can an adult become a catholic http://theporncollection.in/free-hentai/flowers-of-hentai
[url=http://theporncollection.in/lesbian-sex/stories-lesbian-first]long free amateur porn[/url] giant dildo thumbnails [url=http://theporncollection.in/free-hentai/gay-hentai-yaoi]gay hentai yaoi[/url]
anal cramps http://theporncollection.in/gay-boy/gay-and-ocd
[url=http://theporncollection.in/hentai-sex/ragnorok-hentai-tentacles]brooke skye dildo movie[/url] aledon rex adult [url=http://theporncollection.in/gay-video/gay-nudist]gay nudist[/url]

Anonymous said...

sexy beach 3 illusion http://xwe.in/toon/toon-games
[url=http://xwe.in/thongs/latino-models-in-thongs]lesbian dark porn[/url] mule clog fettish porn web sites [url=http://xwe.in/thongs/really-small-thongs]really small thongs[/url]
sexy hot celebrities http://xwe.in/blowjob
[url=http://xwe.in/ass-sex/shad-phipps-is-an-ass]adult bike rally photos[/url] blonde lesbian teens with double dildo [url=http://xwe.in/shemales/marge-attacks-shemales]marge attacks shemales[/url]
adult dvds ireland http://xwe.in/orgasm/the-science-of-orgasm
[url=http://xwe.in/gay-boy/gay-nastyboard]sexy tie up games for couples[/url] anal orgasm videos [url=http://xwe.in/condom/cat-condoms]cat condoms[/url]
adult talking to the child of the other adult in a relationship http://xwe.in/fetish/belladonna-fetish-fanatic
[url=http://xwe.in/erotic-video/erotic-romantic-wife-stories-with-pictures]pictures forum porn[/url] best late night adult tv [url=http://xwe.in/gay-anal/adam-levine-gay]adam levine gay[/url]

Anonymous said...

bus travel tickets http://xwa.in/motel/woodlands-motel-in-iron-mt-mi train travel glasgow to stuttgart
[url=http://xwa.in/travel/hepatitusa-vaccine-travel]quality bali travel[/url] travel coffee mug large base [url=http://xwa.in/maps/tomtom-maps-for-usa]tomtom maps for usa[/url]
denver paris travel connection http://xwa.in/tours/joy-tours
[url=http://xwa.in/airlines/mexican-discount-airlines]free printable travel brochures[/url] travel agent magazines [url=http://xwa.in/airlines/american-airlines-center-arena]american airlines center arena[/url]
why travel to israel now http://xwa.in/flight/cairns-accomodation-flight vancouver canada travel advertising [url=http://xwa.in/tours/golf-mini-tours-arizona]golf mini tours arizona[/url]

Anonymous said...

celebrities who use drugs [url=http://usadrugstoretoday.com/index.php?lng=fr&cv=eu]Buy generic and brand medications[/url] medical release hold harmless http://usadrugstoretoday.com/products/sumycin.htm
hasbrouck heights health clubs [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/anti-allergique-et-l-asthme.htm]anti allergique et l asthme[/url] bill clinton and the fall of health care [url=http://usadrugstoretoday.com/products/rave--energy-and-mind-stimulator-.htm ]national medical assoc [/url] abc diet
guinea pigs hair loss [url=http://usadrugstoretoday.com/products/kamasutra-contoured-condoms.htm]kamasutra contoured condoms[/url] course work in health and social http://usadrugstoretoday.com/products/toprol-xl.htm
presidential towers health club [url=http://usadrugstoretoday.com/products/menosan.htm]menosan[/url] case study on generalised anxiety disorder [url=http://usadrugstoretoday.com/products/urispas.htm ]medical new drug info [/url] girls fuck wile there sleeping

Anonymous said...

orgasm tips techniques [url=http://usadrugstoretoday.com/products/trazodone.htm]trazodone[/url] when was postpartum depression discovered http://usadrugstoretoday.com/products/bupropion.htm
diet plans for children [url=http://usadrugstoretoday.com/products/retin-a-0-05-.htm]Buy Retin-A 0.05% Low prices, side effects, interactions[/url] tea shouse san francisco [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/arthritis.htm ]cardiogenic syndrome [/url] national children dental month
reason smoking methamphetamine bad [url=http://usadrugstoretoday.com/products/calcium-carbonate.htm]calcium carbonate[/url] oral herpes simplex virus iii http://usadrugstoretoday.com/products/ranitidine.htm
the blood horse clair novak [url=http://usadrugstoretoday.com/products/aricept.htm]aricept[/url] low carbohydrate food lis [url=http://usadrugstoretoday.com/products/cefadroxil.htm ]schein drugs [/url] where are carbohydrates first digested

Anonymous said...

dino de laurentis http://luxefashion.us/grey-leather-shoes-color1.html washoes [url=http://luxefashion.us/red-navy-blue-accessories-color222.html]kangaroo shoes[/url] sheila fashion designer
http://luxefashion.us/50-dress-shirts-size2.html clothes donations [url=http://luxefashion.us/navy-blue-and-white-shoes-color171.html]women golf shoes[/url]

Anonymous said...

baby medical information accordian [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/sleeping-aide.htm]sleeping aide[/url] legal and regulatory in health managment http://usadrugstoretoday.com/products/remeron.htm
bacteria breaths [url=http://usadrugstoretoday.com/products/lotrisone.htm]lotrisone[/url] what antibiotics can i give my dog [url=http://usadrugstoretoday.com/products/kamagra.htm ]dover massachusetts board of health [/url] cuyahoga county public health department
nuclear medicine tech jobs [url=http://usadrugstoretoday.com/products/tetracycline.htm]tetracycline[/url] difficulty eating due stress http://usadrugstoretoday.com/products/innopran-xl.htm
medical benfits of jala neti [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/parte-pills.htm]parte pills[/url] cornerstone dental [url=http://usadrugstoretoday.com/products/coumadin.htm ]high protein levels in blood [/url] los angeles county health budget problems 2008 antonivich

Anonymous said...

new adidas shoes http://luxefashion.us/grey-black-blue-men-color66.html elizabethan clothes [url=http://luxefashion.us/score-casual-shirts-brand75.html]rejects shoes[/url] off broadway shoes ny
http://luxefashion.us/?action=cart fashion online au [url=http://luxefashion.us/red-dressy-tops-color8.html]training shoes uk[/url]

Anonymous said...

mindy kleinberg contact http://www.thefashionhouse.us/shoes-type4r.html hand made clothes [url=http://www.thefashionhouse.us/roberto-cavalli-tunic-brand7.html]rolling hills fashion[/url] jarman shoes
http://www.thefashionhouse.us/pink-jeans-color10.html fashion show party help [url=http://www.thefashionhouse.us/34-casual-size25.html]snowboarding clothes[/url]

Anonymous said...

hand beeded designer wallcoverings http://luxefashion.us/xxxl-t-shirts-for-men-size52.html houston kitchen designers [url=http://luxefashion.us/on-sale-page39.html]vigilante jade shoes[/url] wall street clothes site
http://luxefashion.us/33-gucci-size29.html reebok pump basketball shoes [url=http://luxefashion.us/xs-on-sale-size46.html]shoes for tall women[/url]

Anonymous said...

xcite monaco case moto q and blackjack http://xwn.in/poker-online_poker-table-lighting casinos in st louis
[url=http://xwn.in/joker_joker-big]illegal items in a casino[/url] mirage casino prostitute [url=http://xwn.in/casino-online_casino-at-new-town-north-dakota]casino at new town north dakota[/url]
casino table rental in walled lake http://xwn.in/baccarat_wailea-baccarat
[url=http://xwn.in/jackpot_delta-downs-jackpot-finish]new jersey lottery website[/url] atlantic bingo [url=http://xwn.in/jokers_why-are-jokers-in-decks-of-cards]why are jokers in decks of cards[/url]
bingo offline downloads http://xwn.in/casino-online_jb-casino hooshier lottery [url=http://xwn.in/lottery_platinum-lottery-international]platinum lottery international[/url]

Anonymous said...

dress barn clothes store http://luxefashion.us/celyn-b--women-brand123.html reebok dmx basketball shoes [url=http://luxefashion.us/women-bags-type3.html]medieval turn shoes[/url] where can i buy calvin klein underwear
http://luxefashion.us/54-one-ply-windbreaker-jackets-size9.html hot rod fashion [url=http://luxefashion.us/l-on-sale-size7.html]chanel replica handbags[/url]

Anonymous said...

designer cd covers http://topcitystyle.com/36-accessories-size14.html guga kuerten clothes [url=http://topcitystyle.com/xl-sport-pants-size6.html]how the endangered species act protects laurentide wolves[/url] lauren m williams
http://topcitystyle.com/burberry-small-haymarket-leather-hobo-light--item1418.html bernina designer plus extra fills [url=http://topcitystyle.com/shoes-new-category12.html]hot chiks whitout any clothes[/url]

Anonymous said...

volkswagen jetta vanity mirror http://pqx.in/jeeps/jeep/engine tarifs location auto
[url=http://pqx.in/dodge/expression/get/out/of/dodge]double cash back noblesville auto[/url] auto parts canaan ct [url=http://pqx.in/lotus/lotus/replacement/parts]lotus replacement parts[/url]
best additive for high mileage automobile http://pqx.in/mini/free/mini/putt/games
[url=http://pqx.in/eagle/east/side/youth/lacrosse/eagle]dodge ram wheel backspace[/url] volkswagen beetle manual 1998 [url=http://pqx.in/hyundai/hyundai/dealers/in/pa]hyundai dealers in pa[/url]
north carolina automobile inspection law http://pqx.in/citroen/citroen/zarra
[url=http://pqx.in/ducati/ducati/mike/hailwood/replica]mercedes benz dealer[/url] seattle car repair mercedes [url=http://pqx.in/ducati/ducati/motorcycle/museum]ducati motorcycle museum[/url]

Anonymous said...

how a casino gets its license http://wqm.in/online-casinos_best-casinos-craps-learn-play sky city casino new mexico
[url=http://wqm.in/jackpot_hotels-in-jackpot-nv-with-wedding-suits]used casino playing cards[/url] should the gambling age in canada stay at 18 [url=http://wqm.in/slots_mystery-slots]mystery slots[/url]
betting pools government property http://wqm.in/online-casino_spirit-mountain-casino
[url=http://wqm.in/slot_twinhead-durabook-memory-slot-tutorial]steamboat casino river cruises[/url] basic blackjack strategy chart [url=http://wqm.in/online-casinos_michigan-casinos]michigan casinos[/url]
calfornia lottery http://wqm.in/online-casino_casino-omaha october 3 lottery north carolina [url=http://wqm.in/betting_betting-line]betting line[/url]

Anonymous said...

compare blackjack counting http://lwv.in/joker/where-to-buy-dragon-quest-monsters-joker gigaslot mobile casino
[url=http://lwv.in/slot/slot-wall-brocure-holders]ohjo lottery new years raffle[/url] dv lottery the latest [url=http://lwv.in/joker/euromillionen-joker]euromillionen joker[/url]
online pari mutual betting free http://lwv.in/casino-playing-cards/lenormand-cards-by-playing-cards-sample-reading
[url=http://lwv.in/betting/superbowl-betting]fallsview casino canada[/url] missouri lottery winning numbers [url=http://lwv.in/bingo/bingo-in-lake-jackson-tx]bingo in lake jackson tx[/url]
casino en ligne http://lwv.in/casino-playing-cards/what-kings-are-on-a-dcek-of-playing-cards diversity lottery petition [url=http://lwv.in/joker/joker-painter]joker painter[/url]

Anonymous said...

psychiatric medication dosage [url=http://usadrugstoretoday.com/faq.htm]no prescription pharmacies[/url] foetal medicine harley street http://usadrugstoretoday.com/categories/anti-diabetic.htm foundations and adult health nursing electronic http://usadrugstoretoday.com/products/deltasone.htm
wpa during the great depression [url=http://usadrugstoretoday.com/products/avandia.htm]avandia[/url] calabash medical cente [url=http://usadrugstoretoday.com/products/indinavir.htm]tetracycline dosage[/url]

Anonymous said...

movie theatre in springfield mo [url=http://moviestrawberry.com/films/film_maquinista_el/]maquinista el[/url] waterlands movie http://moviestrawberry.com/films/film_king_lear/ the movie eric
house movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_contract_70/]the contract 70[/url] freedom writes movie quotes http://moviestrawberry.com/films/film_mutiny_on_the_bounty/ catskill movie theater
most erotic movie ever made [url=http://moviestrawberry.com/films/film_christopher_strong/]christopher strong[/url] movie the english patient
unrest movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_magic_man/]magic man[/url] animated make a movie http://moviestrawberry.com/easy-downloads/letter_B/?page=14 blonde movie start
fairy tale the movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_nochnoy_dozor/]nochnoy dozor[/url] bald movie guys http://moviestrawberry.com/films/film_the_secret_of_moonacre/ sex scene in not another teen movie

Anonymous said...

princess barbie movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_poker_club/]the poker club[/url] little boy underwater movie http://moviestrawberry.com/countries/?page=61 online english movie
flying scotsman movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_history_of_the_luftwaffe/]the history of the luftwaffe[/url] adult movie databasel http://moviestrawberry.com/hqmoviesbycountry/country_indonesia/ brits al gore movie
the clique movie auditions [url=http://moviestrawberry.com/films/film_taken_in_broad_daylight/]taken in broad daylight[/url] horror movie dvd release dates 2007
burning a movie on dvd disc from nero [url=http://moviestrawberry.com/films/film_amongst_friends/]amongst friends[/url] jenaveve jolie movie http://moviestrawberry.com/films/film_the_station_agent/ movie the evening
mungaru male full movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_baby_doll/]baby doll[/url] good will hunting movie reviews http://moviestrawberry.com/hqmoviesbycountry/country_slovakia/ scream step father movie